Wednesday, June 3, 2009

Membongkar Rahasia Ikhwan Nyebelin

Jangan salah sangka dulu saya bukan seorang detektif, ini adalah judul buku yang ditulis oleh Denny P dan Koko Nata. Buku ini mengupas tentang seorang ikhwan, kayanya buku ini boleh dipakai sebagai referensi buat akhwat2 klo2 nanti ketemu dengan salah satu jenis ikhwan yang dibahas didalam buku ini. hehhehehe... Buat para Ikhwan harus berhati - hatilah karena para akhwat sudah mengetahui rahasia2 antum .... hihihihihi ...
Buku ini berisi enam Bab yang membahas tentan awal mula sebutan Ikhwan, bahasa gaul para ikhwan akhwat, jenis2 ato type2 ikhwan, ikhwan yang nyebelin dimata para akhwat, kemudan pertanyaan tentang penampilan seorang ikhwan, dilanjutkan ke pembahasan tentang cinta di mata ikhwan dan calon pendamping hidup ikhwan.
Istilah ikhwan banyak dipake oleh para aktivis organisasi pergerakan Islam atau jama'ah pengajian. Dari asal muasal bahasanya Ikhwan artinya saudara laki - laki. Istilah Ikhwan sendiri populer karena gerakan Ikhwanul Muslimin yang dirintis oleh Syaikh Hasan Al-Banna (1324H - 1368H / 1906 - 1949M).
Tetapi sekarang ini arti ikhwan mengalami penyempitan (kayaknya berlaku di Indonesia aja yaaa...) Ikhwan adalah laki - laki / cowok yang aktif dalam kegiatan (aktivis) rohani Islam dan malah kebanyakan sepakat bahwa Ikhwan itu adalah cowok alim, berwajah klimis dan berjenggot tipis, suka pakai baju koko dan celana bahan, yang suka mengikti pengajian rutin (halaqoh/liqo), rajin menghidupkan amalan wajib dan sunnah serta selalu berjama'ah di masjid. - walupun mengalami penyempitan arti, katanya..., tapi kayaknya saya setuju kok kalo ikhwan yang begini.... hehehehe ...
Tetapi sebagai pengingat kita semua bahwa pakaian tidak bisa kita jadikan pengukur ato indikator ketaqwaan seorang ikhwan - untuk para Ukhtifillah sekalian dicatet yaa... :)
Dan biasanya kalo lagi ngumpul bahasa gaulnya para ikhwan akhwat keluar - termasuk saya klo dah ngumpul sama temen2 liqo dengan sendirinya mengikuti bahasa gaul hehehehe - misal nich :
" Afwan akhi, ane/ana terlambat"
kalo yang sering nongkrong di mushala ato masjid pasti sering denger.
Yang menarik dibahas dibuku ini adalah type2 ato jenis ikhwan - hayoo para Ikhwan, antum masuk kategori yang mana -

1. Berdasarkan Pemahaman terhadap Islam
ada istilah Ikhwan Spons - nah lo apa neeh - ikhwan spons menyerap terlalu banyak materi, bisa menjelaskan dengan dalil Al-Qu'an dan Hadits, tapi saking banyak yg diserap menjadi Overload.
Trus ada Ikhwan Besi, yang mengalami euforia beragama, sedang semangat mendalami ilmu agama hingga tak jarang sikapnya jadi berlebihan.
Ada Ikhwan Bambu - lha apalagi neeh sampe bambu dibawa2 - Ikhwan jenis ini secara fisik biasa aja tapi ilmunya mempesona. Doi mudah menerima nasihat meskipun dari orang yang lebih muda, dan diharapkan menumbuhkan generasi saleh dan bersemangat dalama dakwah.

2. Berdasarkan Gaya Kerjanya
Ada Ikhwan Komandan, Ikhwan Pelayan, Ikhwan Seniman, Ikhwan Birokrat, Ikhwan Manajer - kayak di restoran aja yaaak.....

3. Berdasarkan Kepribadiannya
Ada Ikhwan Ekstrovert yang menyukai kegiatan Sosial, Ikhwan Introvert - pasti donk kebalikan dari Ekstrovert -

4. Berdasarkan Fisik dan Pengenalan Terhadap Diri
Ada Ikhwan Ganteng yang tau akan kegantengannya (wahahahaha...), Ikhwan Ganteng yang tidak tau akan kegantengannya - kayaknya mending yg ini -, Ikhwan Tidak Ganteng yang tau akan Ketidak gantengannya - sadar diri dunk heheheh -, Ikhwan Tidak Ganteng yang tidak tau akan ketidakgantengannya - waah ancur dech -

Nee yang paling nyebelin dimata Akhwat klo ada Ikhwan yang SMS gak Penting misal neeh tiba2 SMS "Sekarang musim kemarau ya" .... capee dech... kalo ketemu yang seperti ini buat para Akhwat gak usah dibales SMSnya patut dipertanyakan motif tuuh Ikhwan dan ke-Ikhwan-annya :)
Trus yang nyebelin juga Ikhwan Siaga yang tiba2 baek buanget -yg kayaknya lupa klo pernah dikasih materi Liqo tentang ghodul bashor -
Trus ada lagi Ikhwan Jelalatan - amit2 deeh - biasanya neeh yang diliatin Akhwat pake gamis, jilbabnya lebar, plus cantik ... -neeh salah satu Ikhwan yg amnesia ghodul bashor -
Trus ada Ikhwan Meninggikan Kriteria - yang menurut saya kadang gak mengukur diri hehehe -
Ada lagi Ikhwan TePe (Tebar Pesona)- hiiii -, Ikhwan Narsis - hihihi -, Ikhwan menyamar - patut berhati2 hai para Akhwat - karena tipe yg seperti ini suangat berbahaya, mereka belajar agama untuk mendapatkan Akhwat yang menjadi incarannya setelah mendapatkan Akhwatnya dia balik ke selera asalnya sebelum jadi Ikhwan, Nauzubillah min zalik klo ketemu type yg kayak ini.
Ikhwan Buaya Dunia Maya - kayaknya pernah neeh liat yang satu ini huuueeeksss....-
Ikhwan Mengatasnamakan Dakwah, biasanya lewat SMS menggunakan/menyitir potongan Hadits dan ayat2 ALLAH untuk menjebak para Akhwat - kayaknya pernah neeh ketemu jenis ini ..... berhati2 lah Ukhti -
Ada Ikhwan Aktivis Kepanitiaan yang disetiap acara always jadi panitia yang kadang ilmu agamanya terlenakan, ada Ikhwan Dominan yang gak mau menerima kritisi dari orang lain, nah satu lagi Ikhwan Ngebet Nikah.

Kemudian dibuku ini dibahas mengapa penampilan Ikhwan seperti yang sudah seperti menjadi stigma umum
- Ikhwan jenggotan supaya terlihat bijak
- Ikhwan pake celana ngatung biar Irit bahan - hihihihi -
- Ikhwan pake baju koko biar Islami
- Ikhwan dandan karena ganjen -uupsss... - maksudnya biar rapi
Kemudian di public beredar pendapat bahwa
- Ikhwan Sudah pasti Nikah Dini - iya klo yg jadi istrinya namanya Dini hehehe -
klo yang ini kan balik ke Ikhwan masing2 donk liat alasannya klo alasannya menjalankan perintah agama, menundukkan pandang dan menjaga kemaluan, menggenapkan agama, dan melestarikan keturunan penyembah ALLAH SWT,lebih bagus donk...:)
- Ikhwan pasti poligami , kalo menurut saya kembali ke pribadi masing2 Ikhwan

Sebenarnya masih panjang isi buku ini nutuk direview, jasi mending baca aja bukunya judulnya "MEMBONGKAR RAHASIA IKHWAN NYEBELIN, Segala yang kamu perlu tau agar terhindar dari Ikhwan nyebelin Oleh Koko Nata & Denny P"
Dan menurut Asma Nadia, buku ini adalah Buku wajib Ikhwan untuk Islah dan Buku Wajib Akhwat untuk melindungi diri dari pesona Ikhwan nyebelin ...

Share

1 komentar:

kenalanwar.blogspot.com said...

Tetap ++ Thinking..

Tidak semua yang didengar adalah benar :)

Ikuuuut yuuuuks ........