Wednesday, March 4, 2009

Formula for Distance between 2 Points with Latitude Longitude

Sebulan ini dimintain tolong sama adekku untuk mencari koordinat Bandara - Bandara di Indonesia (main Airport), dah dapet koordinat bandaranya ditempat kalo gak salah disitus photografi Indonesia, permintaan berlanjut dengan minta dicariin jarak antar bandara (capee dech).



Karena saya berinteraksi sama tim Planning tiap hari, so saya nanya ke mereka gimana cara nyari jarak itu soalnya mereka kan hidupnya bergelut dengan Latitude dan longitude route. Sebenarnya saya dah nanya ke oom google tapi blm menemukan yang pas maksudnya belum menemukan rumus yang mudah dimengerti oleh saya :)
Solusi pertama dari Google earth (manually booo...),kalo dipikir - pikir sepertinya akan memakan waktu berminggu - minggu baru dapet jarak semuanya.



Akhirnya minta tolong sama hamsah dan Febrii nyariin rumusnya. dan akhirnya rumusnya di dapatkan.
Aku kasih contoh nich cara nyarinya di excel

Misal nich kita mau cari jarak antara Bandara Sultan Iskandar Muda/Blang Bintang di Banda Aceh ke Bandara Sentani di Jayapura
Jika diketahui
Latitude 1 (Banda Aceh) 5°31'1"N dan Longitude 1 (Banda Aceh) 95°25'12"E
Latitude 2 (Jayapura) 2°34'19"S dan Longitude 2 (Jayapura)140°30'41"E

Koordinat diatas kan masih dalam bentuk degree minute secon dirubah ke bentuk degree decimal
Latitude 1 (Banda Aceh) 5.516944 dan Longitude 1 (Banda Aceh) 95.42
Latitude 2 (Jayapura) -2.571944 dan Longitude 2 (Jayapura) 140.511389

Pasti ada yang nanyain kenapa latitude Banda Aceh bernilai positif sedangkan Jayapura bernilai negatif
Penjelasannya begini :
Planet Bumi kita ini di bagi menjadi dua bagian Utara (North) dan Selatan (South) yang dipisahkan oleh garis Equator sebagai titik nol. Seperti Cartessian Coordinate System (atau garis X,Y).



Kalo garis X = 0 sama dengan garis Equator maka Belahan bumi utara (North) pasti bernilai positif dan bagian bumi Selatan (South) pasti bernilai negatif.
Garis Y kita samakan dengan garis Bujur
Sedangkan Garis X kita samakan dengan garis Lintang
Begituuuu....
Karena Jarak dipengaruhi oleh radius bumi ato Equatorial Radius/Radius Earth
Equatorial Radius / Radius Earth = 6378.2 KM

Distance = RadiusEarth*ACOS(COS(RADIANS(90-(Lat1)))*COS(RADIANS(90-(Lat2)))+SIN(RADIANS(90-(Lat1)))*SIN(RADIANS(90-(Lat2)))*COS(RADIANS((Long1-Long2))))




Kalo dari contoh ku
Distance (Jarak) =D10*ACOS(COS(RADIANS(90-(F6)))*COS(RADIANS(90-(F8)))+SIN(RADIANS(90-(F6)))*SIN(RADIANS(90-(F8)))*COS(RADIANS((G6-G8))))

Radius Earthnya terletak di cell D10
Latitude 1 (Banda Aceh) terletak di cell F6
Latitude 2 (Jayapura) terletak di cell F8
Longitude 1 (Banda Aceh) terletak di cell G6
Longitude 2 (Jayapura) terletak di cell G8

Dari hasil rumus itu di dapatkan jarak dari Banda Aceh dan Jayapura adalah 5093.849 KM.

^_^v

Share

0 komentar:

Ikuuuut yuuuuks ........