Sunday, December 7, 2008

Lebaran Haji

Sepi buanget malam ini, tetangga kanan kiri dan depan kamar kos semua pulang kampung sejak jum'at sore kemaren. saya juga baru tahun ini gak pulang ke kampung untuk lebaran, pertama karena Kuliah gak libur, yang kedua gak bisa cuti...

Kemaren jum'at, waktu dikampus ketemu sama temen kuliah, dan ngobrol sebentar

'im, lebaran nanti sanjo kemana aja?, ikut ya... aku kan baru kali ini lebaran disini ' rayuku ke ima teman kuliah.

oke dech, nanti ditelepon kalo kita dah dapet angkutan umumnya, he... he. he... secara sekarang teman - teman cowok kita dah pada nikah' jawab ima

siip.. ima, dah dulu yach aku ada kuliah Analisa Sistem sama yuk Mona, teleponnya ditunggu yach,' jarku menutup pembicaaraan singkat siang jum'at kemaren.

Sunyi sepi karena tinggal berdua aja di kos, tetangga yang satu deretan paling ujung namanya Putu dari Bali, dia gak pulang kampung selain emang gak lebaran lagian menurut doi harus ngirit ongkos pulang karena jauh. Suasana seperti ini bikin sedih aja, biasanya nich kalo dua hari sebelum lebaran, saya berdua sama ibu, nyiapin masakan untuk hari lebaran, biasanya bikin ketupat yang janurnya diambil oleh ayah dari pohon kelapa di depan rumah. Memasak ketupat biasanya setelah gulai Rendang udah diatas kompor. Setelah Ketupat dah di atas kompor kemudian persiapan untuk memasak sayur nangka + gulai ayam/bebek.

Karena pekerjaan banyak maka semua penghuni rumah harus kerja termasuk ayah, biasanya ayah bagian masak sop Tulang Sapi, karena beliau yang paling doyan sedangkan anak beliau yang paling bungsu si Adek kebagian jadi pembantu umum yaitu beres - beres rumah dan tukang mengambil sesuatu seperti 'dek, ambilin daun pisang' atau ' dek beliin garam, garamnya habis', atau 'dek minta-in bawang merah ke rumah nek, bawangnya kurang' atau ' dek minta-in daun jeruk ke tetangga' atau ' dek bawa pergi dulu yang dua kecil - kecil ini daripada gangguin mama-nya masak, mama-nya harus bantuin kita masak'.

Hari H Lebaran sebelum sholat ied semua pada sibuk nyariin baju baru ditarok dimana, kalo gak mau kena kuliah pagi dari ayah, jangan nanya ke ayah, soalnya pasti dibilangi 'makanya disiapin semalam', kalo ibu nyiapin makanan untuk disaji setelah sholat, sedangkan saya kebagian masukin minuman kaleng ke dalam kulkas biar nanti setelah sholat minumannya dah dingin. Makanan yang disaji dihari lebaran biasanya Rendang, sop, lemang tapai, soto, ketupat gulai nangka, gulai ayam/bebek, gulai daging manis. semuanya serba manis, dan berlemak. uuuh.. nyummi.... Karena di rumah kami di kampung kamar mandinya cuma dua jadi pagi rebutan biasanya yang dapat giliran pertama adalah ayah dan ibu, karena kami biasanya malas - malasan dulu, kalo saya ngetokin kamar mandi ayah, si adek ngetokin kamar mandi ibu

'ayah cepetan donk mandinya, itu di depan dah rame dah banyak yang datang'

(Rumah kami terletak di depan Masjid)

dari dalam kamar mandi ada suara

'tadi malas- malasan mandinya, tunggu sampe ayah selesai, makanya pagi - pagi jangan malas'

kalo si adek

'Ibu cepetan, adek dah kebelet nich ato adek keluarin disini'

Pokoknya kalo pagi - pagi rame, apalagi kalo sepupu yang tidur dirumah nek ikut nimbrung mandi dirumah kami . Saking ramenya anggota keluarga Apat, satu shaff dipenuhi sama anak, menantu, cucu dan cicit keluarga Apat (Apat itu nama kakekku).

Setelah Sholat Ied, semua ngumpul dirumah karena rumah kami yang paling dekat dengan masjid, kita makan bersama, dan yang pasti adalah salah satu yang gak pernah tinggal yaitu rebutan mpek - mpek walaupun mpek - mpeknya masih banyak tetap aja rebutan biasanya nich dari keponakan, makcik pakcik, anya om, dan cucu yang kecil - kecil ikutan rebutan sampe nenek geleng - geleng kepala ngeliatnya. Tapi seru lho.........

Besok adalah hari lebaran atau hari raya pertama jauh dari kampung dan keluarga besar, sendirian di negeri orang, yang pasti gak ada makanan kayak dirumah, hiks............ cuma ditemenin sama apel fuji satu buah.......

Kasian dech Gue.............

IED MUBARAK...................

TAQOBALALLAH MINNA WA MINKUM TAQOBAL YA KARIM.

Share

0 komentar:

Ikuuuut yuuuuks ........